Minggu, 10 Agustus 2008

semua orang punya hari itu

saat sore yang indah menyapa
dan kau duduk tenang di teras rumahmu
pernahkah terbayangkan
matahari itu takkan pernah ada lagi
pernahkah tersirat
bahwa kaki tak selamanya menapak di bumi

bahwa tanahlah tempat kita kembali
tak bernyawa
bahkan jasad yang kini kau banggakan keelokannya
akan habis
jadi penyambung hidup cacing

jadi sudah siapkah kita?
berapa kantong dosa yang akan dibawa,
dan berapa butir kebaikan yang ikut bersamanya?

hah...aku belum minta maaf pada ibuku
aku belum minta maaf pada ayahku
aku pernah mencaci temanku,
apa ia sudah memaafkanku
bahkan aku pernah mengumpat guruku
dosa besarkah aku?

untungnya aku punya sebuah jalan
benarkah jalan itu ada?
sekarang sudah saatnya kita
bertapak pada jalan maaf dan memaafkan
karena ketika usia
merambat, menjalar
menjerat, dan makin mendekat
pada kematian...
kita sudah tak mungkin
bersembunyi, terlebih lagi berlari
bila ujian dicicil dari sekarang
maka kematian pun harus dipersiapkan
juga dari sekarang

0 komentar: